SUPERVISI INDIVIDUAL SEBAGAI UPAYAMENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DI GUGUS IV 1 KECAMATAN BULELENG
Abstract
Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan di Gugus IV Kecamatan Buleleng yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. perolehan data awal dapat disampaikan bahwa kemampuan guru-guru dalam melaksanakan proses pembelajaran masih rendah, dengan rata-rata hanya 64 poin. Dari data yang diperoleh menunjukkan hanya 2 orang guru yang memiliki nilai diatas indikator atau hanya sejumlah 10%. Rendahnya kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran merupakan faktor yang harus dirubah sehingga peneliti mencoba melaksanakan supervisi individual untuk meningkatkan kemampuan guru. Setiap kali selesai melakukan proses pembelajaran setelah pelaksanaan supervisi individual, data dikumpulkan dengan observasi dan penilaian oleh peneliti, lalu dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kemampuan guru dari data sebelum pelaksanaan siklus. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan guru menjadi 72 poin, mengalami peningkatan sebanyak 12,5% dari data awal dan pada siklus II telah diperoleh kenaikan rata-rata menjadi85poin, peningkatan yang terjadi sebesar 18,06%. Kesimpulan akhir yang dapat disampaikan adalah bahwa pelaksanaan supervisi individual dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.