PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Luh Sukertiningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi berprestasi siswa kelas MIPA 3 SMA Negeri 2 Singaraja, setelah diberikan bimbingan melalui konseling kelompok. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan tindakan yang dirancang melalui dua (2) putaran, dengan memberikan perlakuan atau tindakan pada siswa yang menunjukkan motivasi berprestasi rendah, yang banyaknya 10 orang dari 25 siswa. Pelaksanaan tindakan dipantau dengan teknik observasi. Hasil tindakan dievaluasi dengan teknik statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pada putaran I terjadi peningkatan secara individual antara 3,12 % sampai dengan 35,62 % dari data awal, dengan peningkatan rata- rata sebesar 11,25%. (2) Pada putaran II terjadi peningkatan secara individual dari putaran I antara 4,38% sampai dengan 28,75%, dengan peningkatan rata-rata sebesar 12,75%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa kearah yang lebih baik. Untuk itu konseling kelompok perlu dipertimbangkan sebagai salah satu altematif dalam pembinaan motivasi berprestasi.

Full Text:

PDF

References

Dantes, Nyoman. 1989. Kontribusi Latar Belakang Keluarga, Interaksi Remaja Dengan Wisatawan, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Nilai Modern Siswa SMA di Bali. Laporan Penelitian. Denpasar : Universitas Udayana Denpasar.

Dharsana, I Ketut 2002. Bimbingan dan Konseling, Modul. IKIP Negeri Singaraja. Mudjijono. 2002. Bimbingan Konseling Belajar Modul. IKIP Negeri Singaraja Nurkancana, Wayan dan P.P.N Sunartana.1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha nasional

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok( Dasar dan Profif).Jakarta: Ghalia Indonesia.

Seruthi, Wayan. 2002. Bimbingan Belajar Melalui Teknik Kompetisi Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD No. 12 Peguyangan. Skripsi. Singaraja : Jurusan Bimbingan Konseling FIP Negeri

Singaraja.

Simanjuntak, Pasaribu. 1979. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasgu. Suardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta : PT Raja Grapindo Persada. Suami, Ketut. 2000. Mengembangkan Motivasi Berprestasi Dengan Menggunakan

Strategi Pengelolaan Diri Model Yates ( Studi Kuasi Ekspresimental dengan Siswa kelas 1 SMU di Kabupaten BulelengBali). Disertasi Yogyakarta :Program Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada.Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.