MENGUPAYAKAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN SECARA BERKELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES

Ni Made Sudi

Abstract

Tercapainya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta ketrampilan siswa. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk membuktikan peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kuantum dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini digunakan subjek penelitian sebanyak 34 siswa, yang diambil dari siswa kelas IV semester II yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Objek penelitian yang disasar adalah hasil belajar penjasorkes siswa.Data dikumpulkan dengan menggunkan tes prestasi belajar yang dianalisa secara deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan prestasi ketuntasan belajar mencapai 53%, siklus I meningkat menjadi 76%, siklus II meningkat menjadi 90%. Hal itu membuktikan bahwa model pembelajaran kuantum yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.